Tuesday, January 1, 2008

Persiba Tunggu Sistem Superliga 2008

BALIKPAPAN–Manajer Eksekutif Persiba Balikpapan HM Dhimyatie Riza SE belum bisa menentukan persiapan berlaga di Superliga 2008 mendatang. Ini karena, peraturan pertandingan maupun sistemnya belum dikeluarkan PSSI atau BLI. Maklum, Kompetisi PSSI Divisi Utama Liga Djarum Indonesia XIII 2007 sendiri belum selesai.

“Nantilah kita bicarakan Persiba ke depan, sebab sistem perhelatan Superliga 2008 itu seperti apa. Kalau ada petunjuk resmi dari PSSI atau BLI, tentu kita secepatnya bergerak mempersiapkan tim,” jelas Riza didampingi Eddy Sunardi (manajer umum), H Syahril HM Taher (ketua umum Persiba) dan H Agusminsyah SE (ketua harian Persiba), kemarin.

Menurut Riza, pihak Persiba sedang menunggu peraturan Superliga 2008 mendatang. Apalagi, ada pemberitaan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault belum lama ini meminta kepada PSSI, agar pemain asing yang memperkuat klub pada Liga Indonesia dibatasi hanya 3 orang.

“Nah, kalau disetujui, apakah di Superliga 2008 nanti juga hanya diperkuat 3 pemain asing. Atau, untuk 3 pemain asing itu hanya berlaku pada klub yang berlaga di Divisi Utama. Persiba maupun klub lainnya masih menunggu,” katanya.

Seperti diberitakan, sebanyak 278 kartu merah yang dikeluarkan wasit pada musim kompetisi Liga Indonesia 2007, ternyata hampir 60 persen di antaranya dilakukan oleh pemain asing. Ini menunjukkan mutu dan disiplin pemain asing tidak baik.

“Tapi, tidak semua pemain asing jelek. Ya, mungkin kompetisi yang akan dilakoni Persiba nanti lebih berat, namanya saja Superliga atau 9 tim terbaik dari Wilayah Barat dan Timur yang bersaing. Yang jelas, untuk merekrut pemain asing harus lebih selektif,” timpal Syahril.(is)

No comments: